Inkscape: Tutorial Basic

Posted: 17 Februari 2010 in DESAIN GRAFIS, Inkscape, TUTORIAL
Tag:, , ,

Tutorial ini menunjukkan dasar-dasar menggunakan Inkscape. Ini adalah dokumen Inkscape teratur bahwa Anda dapat melihat, mengedit, menyalin dari, atau menyimpan.

Tutorial Dasar mencakup kanvas navigasi, mengelola dokumen, alat bentuk dasar, teknik seleksi, mengubah objek dengan pemilih, pengelompokan, menetapkan mengisi dan stroke, keterpaduan, dan z-order. Untuk topik yang lebih maju, lihat tutorial yang lain dalam menu Help.

Panning kanvas

Ada banyak cara untuk pan (gulir) kanvas dokumen. Coba Ctrl + tombol panah untuk menggulir oleh keyboard. (Cobalah sekarang untuk gulir ke dokumen ini ke bawah.) Anda juga dapat menyeret kanvas dengan tombol tengah mouse. Atau, Anda dapat menggunakan scrollbar (tekan Ctrl + B untuk menampilkan atau menyembunyikan mereka). Roda pada mouse anda juga bekerja untuk bergulir secara vertikal; tekan Shift dengan roda untuk menggulir secara horizontal.

Zooming in atau out

Cara termudah untuk zoom dengan menekan - dan + (atau =) kunci. Anda juga dapat menggunakan Ctrl + klik tengah atau Ctrl + klik kanan untuk memperbesar, Shift + klik tengah atau Shift + klik kanan untuk memperkecil, atau memutar roda mouse dengan Ctrl. Atau, Anda dapat mengklik di bidang entri zoom (di sudut kanan bawah jendela dokumen), ketik nilai zoom yang tepat dalam%, dan tekan Enter. Kami juga memiliki alat Zoom (pada toolbar di sebelah kiri) yang memungkinkan Anda untuk memperbesar ke suatu daerah dengan menyeret sekitarnya.

Inkscape juga menyimpan sejarah tingkat zoom yang telah Anda gunakan dalam sesi kerja ini. Tekan tombol `untuk kembali ke zoom sebelumnya, atau Shift +` untuk maju.

Inkscape alat

Toolbar vertikal di sebelah kiri menunjukkan Inkscape’s menggambar dan perangkat pengeditan. Pada bagian atas jendela, di bawah menu, ada Perintah bar dengan tombol perintah umum dan Kontrol Perangkat bar dengan kontrol yang spesifik untuk setiap perangkat. Status bar di bagian bawah jendela akan menampilkan petunjuk dan pesan berguna saat Anda bekerja.

Banyak operasi tersedia melalui pintas keyboard. Buka Help> Tombol dan Mouse untuk melihat referensi yang lengkap.

Membuat dan mengelola dokumen

Untuk membuat dokumen kosong, gunakan File> New atau tekan Ctrl + N. Untuk membuka dokumen SVG yang ada, gunakan File> Open (Ctrl + O). Untuk menyimpan, gunakan File> Save (Ctrl + S), atau Save As (Shift + Ctrl + S) untuk menyimpan dengan nama baru. (Inkscape mungkin masih tidak stabil, jadi ingatlah untuk menyimpan sering!)

Inkscape menggunakan SVG (Scalable Vector Graphics) format untuk file. SVG adalah standar terbuka yang didukung secara luas oleh perangkat lunak grafis. File SVG didasarkan pada XML dan dapat diedit dengan teks atau XML editor (terlepas dari Inkscape, that is). Selain SVG, Inkscape dapat mengimpor dan mengekspor beberapa format lain (EPS, PNG).

Inkscape membuka jendela dokumen terpisah untuk setiap dokumen. Anda dapat menavigasi di antara mereka menggunakan window manager (misalnya dengan Alt + Tab), atau Anda dapat menggunakan cara pintas Inkscape, Ctrl + Tab, yang akan menggilir semua dokumen yang terbuka jendela. (Buat dokumen baru sekarang dan beralih di antara itu dan dokumen ini untuk berlatih.) Catatan: Inkscape memperlakukan jendela ini seperti tab di web browser, ini berarti tombol Ctrl + Tab pintas hanya bekerja dengan dokumen-dokumen yang berjalan dalam proses yang sama. Jika Anda membuka beberapa file dari sebuah file browser atau memulai Inkscape lebih dari satu proses dari sebuah ikon itu tidak akan berhasil.

Membuat bentuk

Waktu untuk beberapa bentuk nice! Klik Rectangle tool pada toolbar (atau tekan F4) dan klik-dan-tarik, baik dalam dokumen kosong baru atau di sini:

An example image

Seperti yang Anda lihat, default muncul persegi panjang biru, dengan stroke hitam (garis besar), dan sebagian lagi transparan. Kita akan melihat bagaimana perubahan yang di bawah ini.Alat-alat lain, Anda juga dapat membuat elips, bintang, dan spiral:

An example image

Alat-alat ini secara kolektif dikenal sebagai bentuk alat. Setiap bentuk Anda membuat satu atau lebih menampilkan berlian-berbentuk pegangan; mencoba menyeret mereka untuk melihat bagaimana bentuk menanggapi. Kontrol panel yang berbentuk alat adalah cara lain untuk men-tweak bentuk; ini mempengaruhi kontrol yang dipilih saat ini bentuk (yaitu orang-orang yang menampilkan pegangan) dan untuk menetapkan standar yang akan diterapkan pada bentuk yang baru dibuat.

Untuk membatalkan tindakan Anda yang terakhir, tekan Ctrl + Z. (Atau, jika Anda berubah pikiran lagi, Anda bisa mengulang tindakan dibatalkan oleh Shift + Ctrl + Z.)

Bergerak, scaling, rotating

Yang paling sering digunakan adalah alat Inkscape Selector. Klik tombol paling atas (dengan tanda panah) pada toolbar, atau tekan F1 atau Space. Sekarang Anda dapat memilih objek di kanvas. Klik pada persegi panjang di bawah ini.

An example image

Anda akan melihat delapan menangani berbentuk panah muncul di sekitar objek. Sekarang Anda dapat:

  • Memindahkan objek dengan menyeret itu. (Tekan Ctrl untuk membatasi gerakan untuk horisontal dan vertikal.)
  • Skala objek oleh menyeret menangani apapun. (Tekan Ctrl untuk melestarikan tinggi asli / width ratio.)

Sekarang klik persegi panjang lagi. Pegangan perubahan. Sekarang Anda dapat:

  • Memutar objek dengan sudut menyeret menangani. (Tekan Ctrl untuk membatasi rotasi ke 15 derajat langkah. Geser tanda salib untuk posisi pusat rotasi.)
  • Skew (geser) objek dengan menyeret non-sudut pegangan. (Tekan Ctrl untuk membatasi skewing sampai 15 derajat langkah.)

Sementara di Selector, Anda juga dapat menggunakan entri numerik bidang dalam Kontrol bar (di atas kanvas) untuk menetapkan nilai-nilai yang tepat untuk koordinat (X dan Y) dan ukuran (W dan H) dari seleksi.

Transformasi oleh kunci

Salah satu fitur Inkscape yang membedakannya dari vektor editor paling lain adalah penekanan pada keyboard aksesibilitas. Hampir tak ada perintah atau tindakan yang tidak mungkin dilakukan dari keyboard, dan mentransformasikan objek tidak terkecuali.

Anda dapat menggunakan keyboard untuk memindahkan (tanda panah), skala (<dan> tombol), dan memutar ([dan] kunci) obyek. Default bergerak dan timbangan dengan 2 px; dengan Shift, Anda bergerak dengan 10 kali itu. Ctrl +> dan Ctrl + <skala atas atau bawah untuk 200% atau 50% dari aslinya, masing-masing. Default berputar adalah sebesar 15 derajat; dengan Ctrl, Anda memutar 90 derajat.

Namun, mungkin yang paling berguna adalah ukuran pixel transformasi, dipanggil dengan menggunakan Alt dengan tombol transformasi. Sebagai contoh, Alt + panah akan memindahkan seleksi oleh 1 pixel di zoom saat ini (yaitu dengan 1 layar pixel, tidak boleh disamakan dengan unit px yang merupakan satuan panjang SVG independen dari zoom). Ini berarti bahwa jika Anda memperbesar, satu Alt + panah akan menghasilkan gerakan yang lebih kecil yang mutlak akan tetap terlihat seperti satu-pixel dorongan pada layar Anda.Dengan demikian memungkinkan untuk posisi presisi obyek dengan sewenang-wenang hanya dengan pembesaran masuk atau keluar yang diperlukan.

Demikian pula, Alt +> dan Alt + <skala seleksi sehingga terlihat perubahan ukuran oleh satu layar pixel, dan Alt + [dan Alt +] memutar sehingga posisi terjauh dari-pusat-titik bergerak dengan satu layar pixel.

Catatan: pengguna Linux mungkin tidak mendapatkan hasil yang diharapkan dengan Alt + panah dan beberapa kombinasi kunci lainnya Window Manager jika mereka menangkap peristiwa-peristiwa kunci tersebut sebelum mereka mencapai aplikasi inkscape. Salah satu solusinya adalah dengan mengubah konfigurasi WM sesuai.

Beberapa pilihan

Anda dapat memilih sejumlah objek secara simultan dengan Shift + klik ing mereka. Atau, Anda dapat menarik seluruh benda yang Anda butuhkan untuk memilih; ini disebutRubberband seleksi. (Selector menciptakan Rubberband ketika menyeret dari ruang kosong, namun jika Anda menekan Shift sebelum memulai untuk menyeret, Inkscape akan selalu menciptakan Rubberband.) Berlatih dengan memilih semua tiga bentuk di bawah ini:

An example image

Sekarang, gunakan Rubberband (dengan drag atau Shift + seret) untuk memilih dua elips tetapi tidak persegi panjang:

An example image

Setiap individu dalam pilihan objek menampilkan seleksi isyarat – secara default, sebuah bingkai persegi panjang putus-putus. Isyarat ini memudahkan untuk melihat langsung apa yang dipilih dan apa yang tidak. Sebagai contoh, jika Anda memilih kedua elips dan dua persegi panjang, tanpa isyarat Anda akan memiliki waktu sulit menebak apakah elips dipilih atau tidak.

Ing Shift + klik pada objek yang dipilih mengecualikan itu dari pilihan. Pilih semua tiga benda di atas, maka gunakan Shift + klik untuk mengecualikan kedua elips dari seleksi hanya menyisakan persegi panjang dipilih.

Menekan Esc membatalkan pilihan apapun objek yang dipilih. Ctrl + A akan memilih semua objek dalam lapisan saat ini (jika Anda tidak membuat lapisan, ini adalah sama dengan semua objek dalam dokumen).

Pengelompokan

Beberapa objek dapat dikombinasikan menjadi suatu kelompok. Sebuah kelompok berperilaku sebagai satu objek ketika Anda tarik atau mengubahnya. Bawah ini, tiga benda di sebelah kiri adalah independen; tiga objek yang sama di sebelah kanan dikelompokkan. Cobalah untuk menyeret grup.

An example image

Untuk membuat grup, Anda pilih satu atau lebih objek dan tekan Ctrl + G. Untuk ungroup satu atau lebih kelompok, pilih mereka dan tekan Ctrl + U. Kelompok sendiri dapat dikelompokkan, seperti benda-benda lain; seperti kelompok rekursif dapat pergi ke kedalaman sewenang-wenang. Namun, Ctrl + U hanya ungroups tingkat paling atas pengelompokan dalam seleksi; Anda harus tekan Ctrl + U berulang-ulang jika Anda ingin benar-benar ungroup kelompok yang mendalam-dalam-kelompok.

Anda tidak perlu harus ungroup Namun, jika anda ingin mengedit sebuah objek di dalam suatu kelompok. Just Ctrl + klik yang objek dan itu akan dipilih dan diedit sendiri, atauShift + Ctrl + klik beberapa objek (di dalam atau di luar kelompok apapun) untuk beberapa seleksi terlepas dari pengelompokan. Cobalah untuk memindahkan atau mengubah bentuk individu dalam kelompok (kanan) tanpa ungrouping itu, kemudian hapus pilihan dan pilih grup biasanya untuk melihat bahwa masih tetap dikelompokkan.

Fill dan stroke

Banyak fungsi Inkscape tersedia melalui dialog. Mungkin cara paling sederhana untuk melukis sebuah objek beberapa warna untuk membuka dialog swatch dari menu View (atau tekanShift + Ctrl + W), memilih salah satu objek, dan klik carikan untuk cat itu (mengubah warna mengisi).

Lebih kuat adalah Isi dan Stroke dialog dari menu Object (atau tekan Shift + Ctrl + F). Pilih bentuk di bawah ini dan membuka dialog Isi dan Stroke.

An example image

Anda akan melihat bahwa dialog memiliki tiga tab: Isi, Stroke cat, dan Stroke gaya. Isi tab yang memungkinkan Anda mengedit mengisi (interior) dari objek yang dipilih (s). Menggunakan tombol tepat di bawah tab, Anda dapat memilih jenis mengisi, termasuk tdk mengisi (tombol dengan X), datar mengisi warna, serta gradien linear atau radial. Untuk di atas bentuk, isi flat tombol akan diaktifkan.

Lebih jauh di bawah, Anda akan melihat koleksi warna pemetik, masing-masing tab sendiri: RGB, CMYK, HSL, dan roda. Mungkin yang paling mudah adalah roda pemilih, di mana Anda dapat memutar segitiga untuk memilih warna pada roda, dan kemudian pilih warna yang rona dalam segitiga. Semua warna pemetik berisi slider untuk mengatur alpha (opacity) dari objek yang dipilih (s).

Setiap kali Anda memilih salah satu objek, warna pemilih diperbarui untuk menampilkan isi yang sekarang dan stroke (untuk beberapa objek yang dipilih, dialog menunjukkan rata-ratamereka warna). Bermain dengan sampel tersebut atau membuat sendiri:

An example image

Menggunakan cat Stroke tab, Anda dapat menghapus stroke (garis besar) dari objek, atau menetapkan setiap warna atau transparansi untuk itu:

An example image

Tab terakhir, Stroke gaya, memungkinkan Anda mengatur lebar dan parameter lain dari stroke:

An example image

Akhirnya, bukannya flat warna, Anda dapat menggunakan gradien untuk mengisi dan / atau stroke:

An example image

Bila Anda beralih dari flat warna gradien gradien yang baru dibuat menggunakan warna flat sebelumnya, pergi dari buram ke transparan. Beralih ke Gradient tool (Ctrl + F1) untuk menyeret gradien menangani – kontrol dihubungkan oleh garis-garis yang menentukan arah dan panjang gradien. Ketika salah satu gradien menangani dipilih (disorot biru), dan Stroke yang Isi dialog set warna yang menangani bukan warna seluruh objek yang dipilih.

Cara mudah lain untuk mengubah warna suatu objek adalah dengan menggunakan alat penetes (F7). Cukup klik di mana saja di gambar dengan alat, dan memilih warna tersebut akan diarahkan ke objek yang dipilih mengisi (Shift + klik akan memberikan warna stroke).

Duplikasi, keterpaduan, distribusi

Salah satu operasi yang paling umum adalah duplikasi obyek (Ctrl + D). Duplikat ditempatkan tepat di atas asli dan dipilih, sehingga Anda dapat drag pergi oleh mouse atau dengan tombol panah. Untuk latihan, cobalah untuk mengisi sesuai dengan salinan kotak hitam ini:

Kemungkinan, Anda salinan persegi ditempatkan lebih atau kurang secara acak. Ini adalah tempat dialog Align (Ctrl + Shift + A) adalah berguna. Pilih semua kotak (Shift + klik atau menyeret Rubberband), membuka dialog dan tekan tombol “Center pada sumbu horisontal” tombol, lalu “Make horisontal kesenjangan antara obyek yang sama” tombol (tombol tooltips membaca). Objek sekarang rapi equispacedly selaras dan didistribusikan. Berikut adalah beberapa contoh kesejajaran dan distribusi:

An example image

Z-order

Istilah z-order mengacu pada urutan menumpuk obyek dalam gambar, yaitu benda-benda yang berada di atas dan tidak jelas lain. Kedua perintah dalam menu Object, Naikkan ke Atas (tombol Home) dan Hilir ke Bawah (tombol Putus), akan memindahkan objek ke paling atas atau paling bawah lapisan saat’s z-order. Dua perintah, Angkat (PgUp) dan Hilir (PgDn),akan tenggelam atau emerge pemilihan satu langkah saja, yaitu bergerak melewati satu non-objek yang dipilih dalam z-order (hanya objek yang tumpang tindih pemilihan count; jika tidak ada yang tumpang tindih dengan seleksi, Angkat dan Hilir memindahkannya semua jalan ke bagian atas atau bawah Sejalan).

Berlatih menggunakan perintah-perintah ini dengan membalik urutan z-benda di bawah ini, sehingga paling kiri elips ada di atas dan paling kanan adalah di bagian bawah:

An example image

Pilihan yang sangat berguna pintas adalah kunci Tab. Jika tidak ada yang dipilih, memilih objek paling bawah; kalau tidak memilih objek di atas objek yang dipilih (s) in z-order. Shift + Tab bekerja terbalik, mulai dari objek yang paling atas dan melanjutkan ke bawah. Karena objek yang Anda buat akan ditambahkan ke puncak tumpukan, menekan Shift + Tabdengan apa-apa yang dipilih akan mudah memilih objek yang Anda buat terakhir. Praktek Tab dan Shift + Tab tombol pada tumpukan elips di atas.

Memilih berada di bawah dan menyeret dipilih

Apa yang harus dilakukan jika objek yang Anda butuhkan tersembunyi di belakang obyek lain? Anda mungkin masih melihat bagian bawah objek jika yang paling atas adalah (sebagian) transparan, tetapi mengkliknya akan memilih objek atas, bukan yang anda butuhkan.

Inilah yang Alt + klik adalah untuk. Pertama Alt + klik memilih objek paling atas seperti biasa klik. Namun, berikutnya Alt + klik pada titik yang sama akan memilih objek dibawah atas satu; yang berikutnya, obyek masih lebih rendah, dll Dengan demikian, beberapa Alt + klik s berturut-turut akan siklus, atas-ke-bawah, melalui seluruh z-urutan tumpukan objek pada titik klik. Ketika objek bawah tercapai, selanjutnya Alt + klik akan, secara alami, sekali lagi memilih objek paling atas.

[Jika Anda berada di Linux, Anda mungkin menemukan bahwa Alt + klik tidak bekerja dengan benar. Sebaliknya, mungkin akan memindahkan seluruh jendela Inkscape. Hal ini karena window manager Anda telah dilindungi Alt + klik untuk tindakan yang berbeda. Cara untuk memperbaiki hal ini adalah untuk menemukan Perilaku Window konfigurasi untuk window manager Anda, dan baik mematikannya, atau peta itu untuk menggunakan tombol Meta (alias Windows key), sehingga Inkscape dan aplikasi lainnya dapat menggunakan tombol Alt dengan bebas.]

Ini bagus, tetapi sekali anda memilih diam-objek permukaan, apa yang dapat Anda lakukan dengan itu? Anda dapat menggunakan tombol untuk mengubah itu, dan Anda dapat menarik menangani seleksi. Namun, menyeret obyek itu sendiri akan mengatur ulang pemilihan objek ke atas lagi (ini adalah bagaimana klik-dan-tarik dirancang untuk bekerja – ia akan memilih (atas) objek di bawah kursor terlebih dahulu, lalu menyeret seleksi). Untuk kirim Inkscape untuk menyeret apa yang sekarang dipilih tanpa memilih apa-apa lagi, gunakan Alt + drag. Hal ini akan memindahkan pilihan saat ini di mana pun Anda seret mouse anda.

Praktek Alt + Alt + klik dan seret pada dua bentuk cokelat transparan hijau di bawah persegi panjang:

An example image

Kesimpulan

Ini menyimpulkan Dasar tutorial. Ada jauh lebih dari itu untuk Inkscape, tapi dengan teknik-teknik yang dijelaskan di sini, Anda akan sudah dapat membuat grafik sederhana namun berguna. Untuk informasi lebih rumit barang, pergi melalui Advanced dan tutorial lainnya di help > Tutorial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s